Kanopi Baja Ringan dan Kelebihannya.

0
232
kanopi baja ringan
kanopi galvanum

Kanopi Baja Ringan dan Kelebihannya. Kanopi memiliki beberapa arti, menurut kamus besar Bahasa Indonesia Kanopi artinya adalah tirai atau langit-langit dari terpal, kain, logam, besi dan sebagainya. Sedangkan  dalam bahasa Perancis,  Canope serta dalam Bahasa Latin berarti  Canopeum yang memiliki arti tempat tidur bertiang empat dengan tirai atau kain yang menutupi bagian atas serta samping.

Jika dibandingkan dengan jenis kanopi lainnya, kanopi galvalum termasuk jenis kanopi yang awet. Karena kanopi galvanum tahan terhadap karat, rayap maupun perubahan cuaca dan kelembaban.  Karena awet dan kuat otomatis kanopi galvanum sangat sesuai untuk dipakai di daerah lembab ataupun daerah dengan curah hujan yang tinggi.

kanopi baja ringan
kanopi baja ringan

Kanopi Galvalum merupakan baja berkualitas tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya sama dengan baja konvensional.  Ada bebarapa macam baja ringan yang diatur menurut nilai tegangan tariknya (tensile strength). Kemampuan tegangan tarik ini umumnya didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan tersebut.Baja ringan ini bisa digunakan untuk rangka atap rumah maupun rangak atap teras atau kanopi.

Contohnya, rangka atap baja ringan menggunakan baja ringan dengan tegangan tarik (G550), tetapi untuk berbagai produk rumah tangga dipakai baja ringan dengan tegangan tarik yang lebih rendah (G300,G250) yang lebih lentur dan lunak sehingga mudah dibentuk sesuai keinginan.

Dibandingkan dengan baja konvensional, baja ringan lebih tipis dan ringan. Hal ini disebabkan karena tingkat kualitas dan tegangan tarik yang tinggi. Karena tingkat kualitas dan kuat tarik tinggi, nggak heran baja ringan lebih tipis dan ringan dibandingkan baja konvensional. Baja G550 artinya adalah baja  yang mempunyai kuat tarik 550 Mpa (Mega Pascal). Uji kualitas ini hanya dapat dibuktikan di laboratorium.

galvanum

Walaupun lebih ringan dan tipis dari baja konvensional dengan kuat tarik sebesar 550 Mpa, Baja ringan bisa dijadikan andalan untuk menopang beban struktur bangunan. Sedangkan untuk fungsi non structural seperti penutup atap digunakan baja ringan kualitas G300

Di pasaran, kita bisa jumpai ketebalan baja ringan berkisar antara 020-2,00 mm. Ketebalan ini disesuaikan dengan fungsi seberapa besar beban yang ditopang dan ukuran bentang baja itu sendiri. Ketebalan baja ringan lebih kecil dibanding dengan baja konvensional. ini bertujuan untuk mengurangi beban struktur bangunan.

Baja ringan membutuhkan lapisan anti karat untuk menjaga agar material awet dan tahan lama. Baja ringan sangat mudah berkarat karena memiliki unsur besi dan karbon (Fe dan C) Apabila kedua unsur ini bercampur dengan udara dan air maka akan mendorong timulnya reaksi karat.

Di Indonesia, rangka baja ringan belum terlalu lama digunakan. Beberapa developer menggunakan jenis rangka atap ini dengan menggunakan metode dari negeri sakura Jepang. Akibat kurang dikenalnya rangka baja ringan ini di Indonesia, maka belum banyak orang kita menggunakan  rangka baja ringan ini, padahal rangka ini sangatlah cocok digunakan di wilayah Indonesia yang notabene rawan gempa.

Ada 7 hal penting yang menunjukkan anda harus menggunakan atap baja ringan sebagai bahan utama dalam kegiatan pembangunan rumah anda. Juga sebagai material pembuatan kanopi di rumah anda.

  1. Sebagai pengganti penggunaan kayu, rangka baja ringan sangatlah cocok. Seperti yang kita ketahui, kualitas kayu yang digunakan saat ini adalah kayu dengan kualitas 3 kebawah atau kurang baik. Saat ini sulit dijumpai penggunaan kayu jati pada bangunan karena harga yang relatif mahal. Oleh karena itu penggunaan baja ringan sangatlah sesuai sebagai material pengganti. selain harga yang tidak mahal bahannya juga kuat.
  2. Tidak seperti kayu yang mudah dimakan rayap, rangka baja ringan  tidak akan dimakan rayap.
  3. Pengerjaannya yang mudah membuat pemasangan kanopi dengan menggunakan galvanum atau baja ringan lebih mudah dan cepat. Sehingga menghemat banyak waktu. Untuk rumah tipe 36 bisa diselesaikan hanya dalam waktu kurang lebih 1 minggu.
  4. Dibandingkan dengan kayu, rangka baja ringan tentu lebih ringan. Oleh karena itu mempermudah pengerjaan dan keamanan para pekerja.
  5. Berbeda dengan kayu yang mudah lapuk, rangka baja ringan tidak mudah lapuk dan sangat hemat biaya.  Penemuan rangka baja ringan ini benar-benar memberi manfaat besar bagi industri perumahan, bayangkan biaya yang bisa anda hemat dengan menggunakan material ini. Untuk rumah type 42 biaya yang bisa dihemat dengan menggunakan rangka baja ini hingga di kisaran angka 31 juta. Begitu juga pemakaian baja ringan untuk kanopi, tentu membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan kayu misalnya.
  6. Kelebihan lain dari rangka baja ringan adalah bahannya yang bisa dilapisi dengan anti karat sehingga awet dan tidak mudah berkarat. Cocok untuk penggunaan wilayah Indonesia yang memiliki iklim panas dan hujan.
  7. Negara Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak hutan pohon, namun adanya pembalakan liar membuat Indonesia tidak sehijau dulu. Untuk menjaga lingkungan, penggunaan baja ringan turut menjaga hutan kita karena berkurangnya pemakaian kayu untuk bangunan perumahan.

Demikian sedikit uraian dari kami mengenai 7 hal utama mengapa anda harus mulai melirik rangka baja ringan sebagai salah satu elemen bangunan anda. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Anda.

Dibandingkan dengan kanopi besi hollow, kanopi galvanum lebih murah jika dibandingkan dengan kanopi kayu ataupun baja berat. Tidak hanya itu, pemasangannyapun relatif lebih cepat ketimbang jenis kanopi lai yang ada di pasaran.

Kanopi galvalum juga tersedia dalam berbagai jenis material yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Material yang umum di pasaran di antaranya adalah galvanized, zincalume atau galvalume.

Kanopi galvalum mengutamakan struktur plat buhul pada setiap tumpuan sendi. Struktur yang biasanya digunakan pada jembatan ini membuat galvalum lebih stabil dan kokoh terhadap puntir, muai ataupun tekuk ketimbang kuda baja lainnya.

Kanopi Galvalum tidak akanmenyebarkan api saat terjadi kebakaran rumah, jauh lebih aman dibanding kanopi berbahan kayu. Kanopi Galvalum memiliki sifat proteksi khusus (fire resistant) oleh karenanya kanopi jenis ini tidak menyebarkan api, jauh lebih aman dibanding kanopi berbahan kayu.

Kanopi Galvalum bisa digunakan untuk menopang banyak jenis genteng. Kita bisa mengaplikasikan geneng keramik, genteng beton berat maupun genteng metal. Berbeda dengan jenis bahan kanopi yang lain yang hanya bisa menopang beberaa jenis genteng saja.

Di pasaran, kanopi galvalum tersedia dalam berbagai jenis kuda-kuda. Kamu bisa memilih bentang kuda-kuda berukuran 6 – 8 meter untuk bentang kecil, 8 – 10 meter untuk bentang menengah dan 10 – 12 meter untuk bentang besar. Untuk kuda-kuda baja ringan, kamu juga bisa menggunakan bentang khusus dengan ukuran lebih dari 12 meter.

Demikian artikel tentang rangka baja ringan Galvanum yang bisa digunakan sebagai rangka baja untuk perumahan maupun rangka untuk kanopi anda. Semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here