Model Teralis Jendela dan Fungsinya.

0
427
pembersih alami
jendela

Model Teralis Jendela dan fungsinya. Jendela merupakan salah satu bagian dari bangunan rumah yang penting.  selain untuk  pergantian udara, jendela juga untuk dekorasi rumah. Namun keberadaan jendela haruslah disiasati keamanannya dengan memasang teralis. Jendela yang dibiarkan terbuka atau hanya dilapisi dengan kaca, beresiko mengundang pencuri untuk masuk dan membahayakan nyawa penghuninya.

Jika jendela rumah menggunakan kaca blok lebar atau jenis kaca lainnya yang mudah dibuka dari luar menjadi  sangat penting untuk menjaga keamanan dengan memasang teralis.  Memiliki teralis yang kuat dan kokoh akan membuat penghuninya merasa aman dan terjaga. Pencuripun akan berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk masuk ke dalam rumah yang memakai teralis.

Model Teralis Jendela yang Beraneka Ragam

Selain jendela, teralis juga banyak dipasang pada pintu. Rumah yang memiliki teralis akan nampak kokoh, kuat dan aman juga lebih indah karena teralis saat ini juga memiliki model yang beraneka macam yang bagus.

Tujuan utama dari teralis adalah untuk keamanan, selain itu teralis juga memiliki fungsi estetika untuk bangunan atau rumah. Pemilihan model teralis yang tepat akan dapat menonjolkan keindahan rumah dan menambah kemewahan sebuah rumah atau bangunan.  Sekarang banyak sekali kita temukan model teralis di pasaran dengan bahan yang berbeda-beda dan harga yang beraneka ragam. Untuk itu sebaiknya sebelum memutuskan untuk memasang teralis, kita menentukan dahulu modelnya yang sesuai dengan selera kita. Bahan apa sebaiknya yang akan kita gunakan untuk teralis kita agar awet, juga kita harus tahu harga pasar teralis agar kita bisa memilih model dan bahan teralis rumah kita yang sesuai dengan keuangan kita.

Model Teralis Jendela yang Horisontal dan Vertikal

Ketika akan membuat rumah kita tentu sudah memiliki tema dari keseluruhan desain bangunan tersebut. Kita bisa memilih gaya rumah modern minimalis, mediteranian, klasik mewah atau lainnya. Berdasarkan tema dari rumah, kita akan menentukan model teralis jendela. Model teralis jendela yang tepat tidak hanya membuat rumah menjadi lebih aman, tetapi juga menonjolkan keindahan rumah.  Adapun berbagai model teralis yang bisa dijadikan pilihan adalah :

  1. Model teralis horizontal rapat.

Model teralis horizontal ini adalah model yang sangat sederhana, sesuai untuk rumah bergaya minimalis modern yang saat ini banyak diminati masyarakat. Model teralis ini sangat simple berupa garis berjajar rapat yang memberikan kesan kuat aman dan modern sangat sesuai untuk rumah modern minimalis. Pada model ini, besi-besi akan disusun secara horizontal pada jarak tertentu yang dianggap cukup aman. Untuk lebih memperindah teralis kita bisa melapisi teralis dengan cat menggunakan warna-warna yang sesuai dengan tema rumah modern yaitu warna-warna hitam, silver atau putih. Rumah yang bergaya minimalis modern akan sangat sesuai dengan teralis yang modern. Untuk memberi kesan feminin kita bisa menambahkan beberapa dekorasi pada bagia besi. Tidak terlalu banyak namun cukup mempercantik teralis sehingga tidak terkesan kaku.

teralis besi
teralis besi
  1. Model teralis vertikal

Untuk rumah minimalis modern, selain menggunakan model horizontal untuk  teralis jendelanya, kita juga bisa menggunakan  model jendela teralis vertikal yang mampu memberikan kesan modern pada sebuah rumah. Bentuknya sederhana, yaitu besi-besi yang dipasang berjajar secara lurus ke arah atas. Bentuk sederhana ini  mampu membuat teralis terlihat lebih kuat tetapi tetap sederhana. Agar teralis tidak nampak kaku kita bisa memberikan aksen hiasan di bagian tengah teralis. Hiasan bisa berupa aneka model daun atau bunga. Aksen bisa juga berbagai bentukan lurus atau melengkung.

teralis vertikal
teralis vertikal
  1. Model teralis klasik

Bagi mereka yang memiliki rumah mewah, biasanya memilih model teralis jendela klasik. Umumnya rumah mewah memiliki model klasik dengan banyak ukiran. Model teralis jendela biasanya memiliki motif-motif klasik dengan banyak ukiran atau menggunakan motif-motif dengan unsur alam seperti bunga, daun.  Untuk menonjolkan kesan mewahnya, biasanya teralis jendela akan dilapisi dengan cat dengan warna kuningan. Keindahan teralis jendela didapat dari warna keemasan  dan ukiran-ukiran pada warna teralis. Beberapa model ukiran yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan rumah mewah yang memiliki gaya modern serta elegan.

teralis klasik
teralis klasik

Ketiga model teralis jendela diatas adalah model yang biasanya digunakan tetapi kita juga bisa membuat bentuk dan dekorasi yang berbeda dari ketiga model teralis jendela diatas. Kita bisa berkreasi dengan model ciptaan kita. Tentunya akan menjadi unik dan menarik karena kita memiliki teralis jendela yang berbeda dari biasanya. Contohnya kita bisa membuat teralis jendela berbentuk bunga berukuran besar.  Bisa juga kita membuat teralis besar, dengan bentuk ukiran sesuai dengan selera kita, tentu akan menarik dan unik dan jarang digunakan. Kemampuan dan kreativitas kita dalam memilih dan menentukan model akan sangat menentukan keindahan dari teralis jendela.

Bahan yang Digunakan untuk Teralis Jendela

Sesuai dengan fungsinya untuk menjaga keamanan, maka sebuah teralis jendela harus menggunakan bahan atau material yang bagus. Dibutuhkan bahan yang kuat dan kokoh untuk mendapatkan teralis jendela yang tidak mudah rusak dan kuat. Bahan seperti itu bisa didapatkan dari metal atau logam tertentu. Ada beberapa jenis logam yang biasanya digunakan untuk pembuatan teralis jendela maupun pintu. Bahan-bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahan-bahan tersebut adalah.

  1. Besi

Besi menjadi jenis logam yang banyak dipakai  sebagai bahan pembuatan teralis jendela maupun pintu. Meskipun mudah berkarat, bahan ini mempunyai sifat yang kuat sehingga. rumah akan aman dari tangan pencuri. Karena sifatnya yang muda berkarat, penyelesaian teralis harus dilakukan dengan baik, teralis harus dicat dengan menggunakan cat yang berkualitas tinggi agar teralis menjadi lebih awet. Jenis logam besi juga memiliki harga yang relatif murah dibandingkan bahan lainnya. Jenis besi yang digunakan pada teralis jendela adalah besi tempa serta besi nako. Sedangkan untuk odelnya, material besi besi bisa digunakan untuk model teralis jendela modern minimalais maupun klasik.

besi
besi
  1. Besi beton

Material lainnya yang banyak digunakan untuk membuat teralis adalah besi beton. yang juga banyak digunakan untuk membuat teralis adalah besi beton. Besi beton biasanya digunakan untuk konstruksi beton yang disebut juga beton bertulang. Oleh karenanya besi beton ini memiliki kekuatan dan daya tahan yang sangat bagus. Besi beton ada yang berbentuk ulir, dan ada yang polos. Bentuk ulir biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan teralis jendela besi ulir.

besi beton
besi beton
  1. Stainless steel

Bahan selanjutnya adalah stainless steel. Bahan ini merupakan bahan pembuatan teralis yang semakin disukai. Baja tahan karat ini mempunyai kelebihan dibanding besi. Stainless steel adalah bahan lebih tahan karat dan juga sangat awet. Perawatannya sangat mudah dan  murah oleh karena itu stainless steel menjadi bahan pembuatan teralis yang saat ini semakin banyak digemari. Teralis yang menggunakan bahan stainless steel akan kuat dan mempu melindungi rumah dengan baik. Stainless steel adalah bahan yang higienis dan memiliki estetika bentuk maupun warna yang bisa digunakan untuk rumah bergaya modern minimalis maupun klasik.

stainless steel
stainless steel

Pemilihan bahan teralis jendela dan model  adalah dua hal penting yang harus diperhatikan ketika akan membuat teralis jendela rumah kita. Tidak hanya indah dipandang, teralis jendela juga harus kuat dan kokoh sehingga mampu membuat aman penghuni didalamnya.
sumber : dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here