Perbedaan rangka atap kayu dan baja ringan

Rangka Baja Ringan

Berikut ini saya sampaikan beberapa perbedaan biaya dan kualitas antara rangka atap baja ringan dan rangka kayu.

Karena semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Dalam pembangunan, kualitas material konstruksi yang digunakan merupakan jaminan bahwa material yang dipilih mampu menahan beban konstruksi atap rumah, baik sementara ataupun permananen.

Bagian rangka atap rumah memiliki setandar berupa reng, kuda-kuda, gording, dan kasau. Bahan saat ini bukan lagi hanya rangka kayu, tetapi berlaku untuk rangka baja ringan yang mulai populer mengikuti kondisi dan ketersediaan bahan di wilayah masing masing.

-Harga beli dan biaya pasang

Jika membandingkan harga rangka kayu dan harga rangka baja ringan untuk wilayah jabodetabek, harga rangka baja ringan lebih murah dibandingkan harga rangka kayu. Ini dikarenakan rangka atap baja ringan lebih mudah dicari dibandingkan rangka kayu.

-Kualitas material Kualitas materian sebaiknya yang sudah ber SNI supaya lebih aman dan memperpanjang umur pakai material itu sendiri.

 -Perawatan material

Pada Rangka baja ringan nyaris tidak memerlukan perawatan yang banyak , tidak bisa lapuk, dan tidak bisa dimakan oleh rayap. Sedangkan rangka kayu memerlukan perawatan dengan memberikan obat anti rayap pada bagian lubang-lubang pondasi dan memerlukan pemeliharaan setiap 3-5 tahun sekali untuk menghindari gigitan rayap yang menyebabkan material keropos.

Setelah mengetahui beberapa perbedaan kualitas rangka atap baja ringan dan rangka kayu, sekarang tinggal pilihan anda jika mau renovasi rumah.

Bagi bapak ibu yang membutuhkan jasa pasang baja ringan pastikan menggunakan tukang baja ringan yang berpengalaman.