Teralis Jendela dan Cara Pemasangannya

0
372
Teralis

Teralis jendela adalah suatu komponen bangunan yang kegunaannya untuk keamanan pada rumah. Selain untuk keamanan pada rumah, bisa juga untuk mempercantik rumah dengan desain interior tambahan. Biasanya dipasang di setiap sisi jendela. Berikut cara pemasangannya :

1. Menentukan Desain 

Tentukan desain teralis yang sesuai dengan keinginan anda, pilih yang simple atau yang banyak motif. Untuk rumah dengan desain modern lebih baik memilih desain yang simple. itu akan membuat rumah anda menjadi lebih bagus.

2. Mengukur Jendela

Kemudian ukur panjang dan lebar jendela. Karena pemasangan teralis akan memakan sedikit ruang maka pengukuran itu wajib dilakukan. Jangan sampai salah mengukur, karena hal itu akan menyebabkan pemasangan teralis akan sulit dilakukan. Atur jarak agar tidak terlalu longgar. Jika terlalu longgar, itu akan memudahkan orang untuk melewatinya. Minimal jarak antar jeruji besi pada teralis tidak lebih dari tiga puluh centimeter. dengan jarak ini akan menyulitkan seseorang untuk masuk maupun keluar dari rumah Anda. Jika memakai jeruji besi memiliki desain tertentu, pastikan jarak antar jeruji mengikuti aturan tersebut

3. Pengecetan 

Anda bisa mempercantik tampilan teralis dengan mengecatnya. Pengecatan ini dilakukan bukan hanya untuk mempercantik saja, tetapi bisa juga untuk mencegah korosi atau karat akibat debu menempel. Gunakan cat minyak supaya warnanya terlihat lebih mengkilap.

4. Pemasangan

Gunakan mesin bor besi untuk membuat beberapa lubang pada bagian plat besi sebagai tempat mur dan baut. Jika sudah di lubangi, Bisa langsung dipasang. Pasang satu teralis yang dapat dibuka-tutup yang dilengkapi dengan kunci untuk mengantisipasi jika nanti terjadi kebakaran dan penghuni rumah membutuhkan jalan keluar. Agar buka tutup jendela tidak terganggu, ruang antar jeruji harus bisa dimasuki untuk satu tangan. Pastikan kunci disimpan di tempat yang mudah diingat. Dan pastikan kunci tidak rusak harus si rawat dengan cara meminyakinya secara teratur bisa juga dengan sering membuka dan menutup jendela itu. Dengan memasang jendela yang aman, rumah akan aman dari orang yang ingin melakukan niat jahat, dan aman juga saat terjadi kondisi darurat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here